Air Terjun Madakaripura

Memilih air terjun sebagai salah satu destinasi wisata merupakan hal yang cukup menggoda saat ini. Banyak sekali yang tak segan-segan melakukan perjalanan jauh demi mendapatkan pengalaman yang mengesankan di sana. Sekedar menikmati suasana dan pemandangan yang indah atau bahkan menceburkan diri guna merasakan sergarnya air terjun.

Salah satu objek wisata air terjun yang cukup menggoda, yaitu Air Terjun Madakaripura. Memiliki karaketr yang khas dengan pemandangan yang memuaskan menjadikan air terjun yang satu ini tak pernah sepi dari para wisatawan.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Berlokasi di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Apabila anda ingin berkunjung ke air terjun ini, maka ada baiknya anda memulai perjalanan dari kota Malang atau Surabaya. Apabila anda berangkat dari Suarabaya, maka anda akan menempu perjalanan selama 3 jam.

Adapun rute-nya yaitu Surabaya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo – Tongas. Selanjutnya, anda akan menemui pertigaan, lalu pilih ke arah Air Terjun Madakaripura. Silahkan ikuti petunjuk arah, maka anda akan sampai di lokasi. biaya tiket masuk Air Terjun Madakaripura adalah Rp 5.000 per orang dan Rp 3.000* sebagai parkir motor.

Sebaliknya, apabila anda datang menggunakan angkutan umum. Maka, ada baiknya anda memulai perjalanan dari kota Probolinggo. Adapaun rute-nya yaitu Terminal bus Banyuangga Probolinggo. Lanjutkan dengan naik bus jurusan Tongas/Lumbang. Alangkah lebih enak apabila anda katakan secara langsung ke supir jikalau anda ingin pergi ke Air Terjun Madakaripura.

Karakter sekitar Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Ketika anda baru tiba, anda tidak akan disuguhkan kondidi jalan yang mulus. Melainkan jalanan yang masih belum rata. Untungnya, selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan yang nan menggoda. Biasanya, apabila anda masuk ke gerbang air terjun, maka anda akan ditawari jasa pemandu wisata dan sekaligus carrier.

Apabila anda tertarik, anda hanya cukup membayar sebesar Rp10.000* – Rp20.000* untuk 1 x jalan. Dari pintu masuk, anda masih membutuhkan perjalanan selama 1 jam guna lagi guna mencapai lokasi. (bisa dinegosiasi). Daripada tersesat, mendingan kamu tawar-menawar dengan pemandu tersebut karena dari pintu masuk ke Air Terjun Madakaripura memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Karakter Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura memiliki tinggi sekitar 80 meter. Di sekitarnya, terdapat banyak sekali ceruk-ceruk serta bukit-bukit. Dan, kesemuanya itu meneteskan air terjun secara perlahan. Sehingga, anda seolah-olah sedang melihat kondisi hujan di lokasi tersebut.

Ada banyak dinding tebing di sekitar air terjun, namun hanya 3 yang sangat aktif mengalirkan air dengan deras. Alhasil, di terbentukalh air terjun. Ini merupakan salah satu keunikan dari air terjun Madakaripura. Apalagi lokasinya yang berada di bagian ujung lembah, seakan-akan lembah ini sedang menyembunyikan diriny agar tak udah dijamah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *