Gunung tertinggi di Indosnesia

Indonesia merupakan negara kaya dengan puluhan karakter alam yang nan menarik. Sayangnya, masih sedikit yang sadar akan hal itu. Kebanyakan malah lupa jikalau tanah nusantara merupakan surga yang dicari-cari oleh masyarakat dunia. Sebagian masyarakat Indonesia bahkan malah mencari surga di negara lain. Padahal, Indonesia merupakan sumber alam yang tak sangat kaya.

Mulai dari gunung, laut, samudra, selat, hingga hutan. Semuanya dimiliki Indonesia. Bahkan, padang pasir pun ternyata ada di Indonesia. Meski begitu, masih banyak yang tak sadar akan kekayaan ini. Parahnya, mereka malah cenderung membuang atau bahkan menyianyiakannya. Alhasil, tak heran apabila investor asinglah yang menguasai berbagai lokasi wisata indah di Indonesia.

Salah satu anugerah yang mengagumkan di tanah Indonesia, yaitu jumlah gunung yang cukup banyak. Entah itu gunung berapi aktif atau bahkan gunung yang sudah lama tidur. Melihat hal itu, muncullah sekelompok anak muda yang gemar mendaki gunung. Awalnya, masih banyak yang enggan melakukan itu. Namun, saat ini. Pendaki gunung sangat banyak. Bahkan, bisa dibilang sangat berjubel.

Guna memauskan dahaga pendakian, berikut ini kumpulan gunung tertinggi di Indonesia ini:

Cartenzs Pyramid di Papua (4.884 mdpl)

Gunung Puncak Mandala

Memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Gunung ini berada di Puncak jaya, Papua. Cartenzs Pyramid sering disebut sebagai Puncak Jaya. Memiliki karakter dengan barisan pegunungan Sudirman. Puncak Jaya membentang di Papua.

Puncak Jaya merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia. Sekaligus masuk ke dalam deretan seven summit dunia. Salah satu keunikan gunung Cartenzs Pyramid atau puncak Jaya yaitu adanya gletser atau padang salju. Dan karaketr demikain hampir tidak dimiliki oleh gunung lain di Indonesia.

Gunung Puncak Mandala (4.760 mdpl)

Memiliki ketinggian 4.760 mdpl. Puncak Mandala terletak di Kabupaten bintang, Papua. Gunung tertinggi noer dua di Indoensia ini masih berada di Pulau Papua Nugini. Puncak Mandala masuk ke dalam jajaran pegunungan Jayawijaya. Tepat berada di koorndinat 4°42’31”LU dan 140°17’21”BT, gunung ini biasa disebut sebagai Juliana Top atau Puncak Juliana di masa penjajahan Belanda.

Selain itu, gunung ini pun memiliki karakter puncak seperti Puncak Jaya. Yaitu,
tertutup oleh salju. Sayangnya, fenomena pemanasan global mengakibatkan salju-salju tersebut hilang dan tak pernah ditemukan kembali. Beradasar penelusuran sejarah, pendaki pertama Puncak Mandala yaitu Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn & Piet ter Laag pada 9 September 1959.

Gunung Puncak Trikora (4.750 mdpl)

Memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Lokasi gunung inipun masih berada di pulau Papua. Tepatnya berada di Papua Barat. Gunung dengan nama lain Wilhelmina ini memiliki karakter yang lebih beragam dibanding beberapa gunung sebelumnya.

Salah satunya kawasan hutan yang cukup luas. Puncak Trikora dikelilingi oleh hutan Montane, hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, dan hutan Dipterokarp Atas. Pendakian terkahi yang dilakukan di lokasi ini, yaitu oleh Ricky Munday pada bulan Desember 2010. Sayangnya, pendakian tersebut tak sampai puncak karena adanya beberapa faktor halangan. Biasanya, titik awal pendakian Puncak Trikora yaitu melalui kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *