Jazz Gunung. Apa Dan Mengapa?

Wow, mendengar yang namanya Jazz Gunung pastilah terdengar mengasyikkan dan menarik. Anda pasti tak segan ingin mengjugi acara yang suckup menghebohkan ini. Jazz gunung merupakan salah satu event yang cukup menark sejak beberapa tahun ini. Semula, jazz gunung hanya dilakukan di kawasan Dieng. Namun, saat ini lokasi wisata lain di Indonesia pun sudah mulai mengadakan event seperti demikian.

Salah satu yang paling hot yaitu pada saat dilaksanakannya event Jazz Gunung Dieng. Selain sebagai pionir event jazz gunung, Dieng memang sejak dulu dikenal sebagai kawasan yang memiliki daya tarik khas bagi wisatawan, terutama untuk paket tour Wonosobo. Mulai dari danau warna hingga puncak sikunir yang sangat memesona. Semua itu dengan mudah pasti bisa membuat anda serasa berada di surga.

Jazz Gunung. Apa Itu?

Jazz Gunung. Apa Dan Mengapa?

Bagi yang belum tahu mengenai jazz gunung, coba simak cerita detailnya berikut ini. Jazz gunung merupakan event tahunan. Biasa diadakan di pertengahan tahun, antara juni hingga oktober, jazz gunung menyajikan performa apik para seniman musik dunia. Sekali, dunia.

Tidak hanya sekumpulan pemain jazz tanah air, di acara Jazz gunung anda bisa menikmati lantunan musik jazz yang dinyanyikan oleh penyanyi jazz dunia. Tak pelak, acara ini pun semakin menarik dikunjungi. Tak heran, setiap tahun peminat acara jazz gunung pun semakin meningkat.

Dimulai dari tradisi

Jazz Gunung. Apa Dan Mengapa?

Semula, jazz gunung Dieng hanya sebagai pelengkap dari acara adat suku Dieng. Yaitu, potong rambut gimbal. Menurut kepercayaan suku Dieng. Seoarang anak yang lahir dengan rambut gimbal merupakan sosok yang harus mendapat perlakuan khusus. Tujuannya, agar anak tersebut kelak ketika dewasa tidak menjadi malapetaka bagi masyarakat.

Untuk itulah diadakan acara adat potong rambut gimbal. Diacara tersebut, beberapa anak dengan rambut gimbal dan kriteria tambahan lainnya wajib menjadi peserta acara adat tersebut. Di acara tersebut, rambut si anak dipotong oleh tetua adat.

Sebelum dan sesudah memotong rambut, diadakanlah beberapa prosesi. Prosesi inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Semakin hari, semakin banyak wisatawan yang datang untuk melihat prosesi ini.

Modal ikut Jazz Gunung

Jazz Gunung. Apa Dan Mengapa?

Bagi anda yang tertarik mengikuti jazz gunung, anda bisa mengikuti acara jazz gunung dieng. Untuk tahun 2016, jazz gunung diadakan di bulan Agustus. Namun, jangan diam dan menunggu saja. Menurut informasi yang didapat, tiket masuk dan sewa penginapan di sana sudah mulai di-booking oleh para wisatawan.

Meski acaranya masih berlangsung beberapa bulan ke dapan, namun nyatanya sudah banyak wisatawan yang tak mau melewatkan acara tersebut. Untuk tiket nonton jazz gunung, anda diwajibkan membayar sebesar 250 ribu. Harga yang cukup murah.

Mengingat, anda mendapat sarana untuk melihat jazz gunung, acara adat potong rambut gimbal, hingga acara pelepasan lampion di malam terakhir. Kalau anda berminat dan tertarik, buruan daftarkan diri anda segera.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *