lavaviewlodge_lavaviewexterior_8363Penginapan murah di Bromo. Berwisata ke Bromo memang memberikan nuansa yang benar-benar beda! Dengan semakin terkenal nya wisata Gunung Bromo saat ini, semakin banyak pula event-event internasional yang mulai di selenggarakan di area Bromo, antara lain Jazz Gunung dan Festival Layang-layang Bromo. Event-event yang seru ini memberikan ambience yang sangat menyentuh jiwa, mendorong kita untuk lebih bersyukur kepada Tuhan atas segala rahmat terutama ketika kita melihat kemegahan matahari terbit di ufuk Timur dengan cahaya kemerahan yang sangat indah.

Agar perjalanan ke Gunung Bromo lebih menyenangkan, jangan lupa untuk mencari akomodasi / penginapan yang mendukung terutama setelah penat nya perjalanan dari luar kota. Akomodasi di Gunung Bromo cukup variatif, mulai dari hotel bintang tiga sampai dengan penginapan dan homestay di Bromo. Seringkali wisatawan juga dapat melakukan booking Jeep Bromo dari penginapan-penginapan yang ada. Namun demikian, apabila anda berkunjung di waktu high-season, jangan lupa untuk melakukan booking dulu sebelum acara, karena seringkali ketersediaan penginapan Bromo maupun Jeep juga terbatas.

Daftar Hotel Murah di Bromo

Ada beberapa hotel murah di Bromo yang cukup dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Hotel seringkali sedikit lebih mahal daripada homestay tapi memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Lava View Lodge (mulai dari 600rb an)

Lava View berlokasi di tepi desa Cemorolawang dimana merupakan area terbaik untuk melihat keindahan matahari yang baru terbit. Hotel Lava View menyediakan fasilitas yang cukup lengkap antara lain air panas dan rumah makan dengan menu yang variatif. Hotel ini mulai beroperasi dari tahun 1994 dengan kamar yang dapat mengakomodasikan dari satu hingga empat orang sekaligus, sehingga merupakan salah satu pilihan favorit wisatawan.

Bromo Permai (mulai dari 350rb an)

Bromo Permai merupakan hostel yang sudah dikenal cukup lama dengan fasilitas yang cukup lengkap meliput AC (Air Cond), pengering rambut, dan layanan kamar 24 jam. Hotel ini juga menyediakan kolam renang dan merupakan salah satu hotel dengan fasilitas terlengkap di area Gunung Bromo.

Cemara Indah Hotel (mulai dari 400rb an)

Cemara Indah seringkali diklaim sebagai hotel yang berlokasi terdekat dari puncak Gunung Bromo. Hotel ini menghadap area lautan pasir di Gunung Bromo dan juga menyediakan fasilitas air panas.

Sion View (mulai dari 280rb an)

Sion View menghadirkan pilihan akomodasi yang minimalis dengan sentuhan tradisional. Hotel ini seringkali menjadi pilihan utama bagi tamu internasional.

Cafe Lava Hostel

Cafe Lava Hostel memiliki lokasi yang cukup strategis juga dilengkapi dengan fasilitas ruang merokok, tempat parkir mobil, dan resto.

Java Banana Bromo

Java Banana Hotel menempatkan diri sebagai salah hotel boutique di Bromo dimana juga dilengkapi dengan galery dan toko pakaian (boutique) yang cukup menarik. Hotel ini juga menyediakan fasilitas sewa sepeda yang bisa digunakan oleh tamu.

Daftar Homestay di dekat Bromo

Yoschi Guest House

Yoschi Guest House merupakan salah satu pilihan akomodasi favorit bagi backpacker karena harga nya yang relatif sangat murah (mulai dari sekitar 100rb an).

Bromo Surya Indah Homestay

Homestay yang satu ini juga merupakan homestay yang cukup populer dengan pemandangan lansung ke lautan pasir Bromo.

Homestay Balqis

Homestay yang satu ini berlokasi lansung di jalan raya utama ke Gunung Bromo dengan jarak sekitar 3km dari pintu masuk ke area Gunung Bromo.

Homestay Tengger Asri

Homestay Tengger Asri memiliki total 4 kamar tidur saja dengan jarak sekitar 2 km dari pintu masuk ke area Gunung Bromo

Beberapa penginapan lain di Gunung Bromo:

  • Homestay Deddy
  • Penginapan Sedulur Cemorolawang
  • Penginapan Bukit Indah, Cemorolawang