Perjalanan ke kawah Ijen

Melakukan perjalanan ke kawah Ijen bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anda. Apalagi mengingat bahwaobjek wisata yang satu ini menyajikan keindahan maksimal. Alhasil, tak heran apabila banyak sekali wisatwan lokal atau bahkan mancanegara datang untuk mengunjunginya.

Kawasan wisata Ijen terletak di tengah area cagar alam. Masuk di wilayah Kabupaten Bondowoso, Kecamatan Klobang dan Kabupaten Banyuwangi, Kecamatan Licin, anda akan disuguhkan danau berwarna hijau tosca di ketinggian 2.368 meter.

Kawah berdinding kaldera setinggi 300-500m. memiliki keasaman nol dan kedalaman 200 meter, sehingga membuat baju atau bahkan manusia yang masuk ke dalamnya pun pasti akan larut dnegan mudah.

Karakter Ijen

Perjalanan ke kawah Ijen

Memiliki luas 5.466 hektar, Ijen menyediakan air kawah berwarna hijau kebiru-biruan. Anda akan disuguhkan pemdangan yang super menakjubkan di pagi hari. Selain itu, air kawah dengan volume sekitar 200 juta meter kubik dan panas mencapai 200 derajat celcius ini sangat nyaman bila disaksikan.

Air tersebut akan memancarkan kemilau hijau keemasan saat sinar mentari menerpa dari balik Gunung Merapi, saudara kembar Gunung Ijen. Alhasil, anda akan mendapati pengalaman yang menakjubkan ketika menyaksikannya.

Rute Perjalanan

Perjalanan ke kawah Ijen

Guna mencapai objek wisata ini, maka anda bisa menempuh dua cara. Melalui kota Banyuwangi sejauh 38 km ke barat melalui Licin-Jambu-Paltuding. Atau melalu kota Bondowoso ke arah timur melalui Wonosari-Sempol-Paltuding sejauh 70 km.

Meski dianggap sangat jauh, namun kebanayakn wisatwan lebih memilih jalur melalui kota Bondowoso sebagai pilihan. Alasannya, karena jalan yang tersedia sudah beraspal. Alhasil, perjalanan jauh tak begitu kentara. Berbeda halnya ketika anda memilih rute melalui Banyuwangi, maka anda akan dihadapkan jalan yang berupa makadam dengan tanjakan yang cukup curam.

Rute Bondowoso

Perjalanan ke kawah Ijen

Sangat disarakan anda memilih jalur Bondowoso apabila baru pertama kali berkunjung ke Ijen. Ketika melewatinya, anda akan disuguhkan areal perkebunan kopi dengan tiga pintu gerbang yang berbeda. Di pintu pertama, anda diwajibkan mengisi buku tamu disertai dengan tujuan perjalanannya.

Pemandangan di sangat menarik. Anda akan melihat hamparan kebun kopi arabika yang hijau teratur. Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada hutan pinus milik Perhutani dan hutan perawan Cagar Alam Ijen-Merapi yang begitu lebat.

Apabila anda berangkat melalui Kota Surabaya, maka anda bisa menggunakan beberapa alternatif kendaraan. Yaitu:

  • Surabaya – Bondowoso: 180 km dengan bis umum
  • Bondowoso – Paltuding: 68 km dengan transportasi umum
  • Paltuding – untuk lokasi: 2 km dengan berjalan kaki

Rute Pendakian Ijen

Perjalanan ke kawah Ijen

Sesampainya di jalur pendakian. Pertama-tama, anda harus mulai melakukan pendakian di kawasan Paltuding. Ini merupakan pos pertama apabila anda ingin mendaki Ijen. Berada di kaki gunung Merapi-Ijen, anda akan dihadapkan pada jalur menanjak menuju ketinggian 2.400m.

Umunya, wisatwan membutuhkan waktu tempuh 2 jam dengan berjalan santai. Setibanya di bibir kawah, maka anda akan disajikan pemandangan luar biasa. Anda akan menemui danau hijau dengan diameter sekitar 1 km. Berselimut kabut dan asap belerang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *