Perlengkapan ke Gunung Bromo

Melakukan perjalanan ke gunung membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Tujuannya, agar ketika berada di lokasi, anda bisa tenang menikmati suasana yang ada. Apabila tidak, maka semuanya akan terasa tak nyaman. Itulah mengapa, sebelum anda memutuskan pergi ke gunung, maka anda wajib mempersiapkan beberapa hal.Umumnya, ketika anda melakukan perjalanan ke gunung, maka anda harus membawa perlengkapan standart. Layaknya anda berunjung ke gunung pada umumnya, daerah dengan lautan Pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2.392 mdpl ini mau tak mau memaksa anda harus sigap dalam bersikap, apabila tidak maka semuanya akan terasa tak nyaman.

Jaket, syal, penutup kepala / telinga, dll

Perlengkapan ke Gunung Bromo

Ada baiknya anda membawa peralatan yang mencegah tubuh terkena hawa dingin yang sangat. Suhu di Bromo di musim penghujan berkisar antara 10 – 20 derajat Celsius. Suhu akan lebih rendah lagi apabila memasuki musim panas. Antara bulan Juli hingga Oktober.

Apabila anda membawa jaket, maka tak perlu membawa jaket yang tebal yang berakibat ruang di dalam tas habis. Biasakan membawa jaket berbahan polar sebagai inner dan jas hujan sebagai outer. Bahan polar terbukti mampu menjaga suhu badan agar tetap berada di dalamnya. Sedangkan jas hujan sengaja dipakai guna menahan angin dan air (apabila turun hujan).

Kacamata & masker

Perlengkapan ke Gunung Bromo

Pergi ke Bromo, maka mau tak mau anda wajib membawa kedua alat ini. Di sana, anda akan menemui pasir. Selain itu, anda pun pasti akan mendaki tangga hingga ke kawah. Mengingat debu di Lautan Pasir Gunung Bromo sangatlah halus, maka debu tersebut akan sangat berbahaya bila dihirup.

Kacamata merupakan alat pelindung yang pas guna melindungi mata dari debu. Sedangkan masker, sangat cocok bila digunakan untuk melindungi saluran pernapasan. Parahnya, bila anda tidak sedang beruntung, maka anda akan mendapati bau belerang dari kawah.

Sunblock & tisu basah

Perlengkapan ke Gunung Bromo

Bromo memiliki suhu yang cukup dingin. Namun, jangan karena merasa sejuk anda pun terlena dan teledor di sana. Bermain di bawah matahari tanpa menggunakan sunblock akan berakibat fatal. Ketika anda bermain tanpa perlindungan sunblock, maka kelak anda menemui kulit yang belang-belang.

Tisu basah selalu bawa ke mana saja anda pergi. Khususnya di kawasan Bromo yang kering. Maka, sangat disarankan siap sedia membawanya. Apalagi mengingat, di lokasi pasir, tidak ada rumah penduduk di lautan pasir. Alhasil, apabila anda ingin Buang Air Besar (BAB), maka tisu basah merupakan alat yang paling tepat untuk membersihkannya.

Gelas kertas

Perlengkapan ke Gunung Bromo

Gelas kertas akan sangat membantu anda apabila ingin membeli minuman hangat. Kondisi Bromo yang kering dan sulit mendapatkan air, maka para pedagang mencuci alat makan dengan cara hanya 1x celup ke dalam ember.

Dan, tidak ada yang tahu pasti berapa kali air di dalam air itu digunakan untuk mencelupka alat makan. Bukannya bersih, cara ini memang tegolong sangat tak higienis dan rawan akan banyak kuman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *