Perlengkapan Mendaki Gunung

Ketika mendaki gunung, tentunya anda tak boleh lupa membawa perlengkapan. Tujuannya, agar ketika berada di okasi pendakian, anda mendapatkan kemudahan. Selian itu, anda pun tak bisa memperkirakan apa yang akan anda temui di sana. Sehingga, persiapan yang matang merupakan pilihan yang tepat.

Beberapa benda yang wajib anda bawa, misalnya seperti tenda, tas gunung, sepatu hiking, hingga peralatan lainnya yang simpel dan terkadang terluapakan. Agar hal tersebut tak menjadi gangguan apabila terlupa di bawa, maka ada baiknya anda membuat list, apa saja perlengakapan mendaki gunung yang harus dibawa. Misalnya:

Tenda Dome

Perlengkapan Mendaki Gunung

Tenda merupakan perlengakapan yang wajib di bawa. Ada banyak sekali jenis tenda gunung yang bisa anda pilih. Mulai dari merk yang paling bagus hingga merk yang pas-pasan. Ukurannya pun bervariasi.

Beberapa merk tenda yang sering dipilih oleh pendaki gunung yaitu, Eiger, Bestway, Lafuma, Montana, Rei, dll. Selain itu, anda pun harus memperkirakan terkait kapasitasnya. Pastikan itu sesuai dengan kondisi anda.

Logistik/ makanan

Perlengkapan Mendaki Gunung

Ini yang tak boleh telupa. Meski anda sedang menjalani perjalanan yang super menakjubkan, anda tak boleh terlena dan melupakan dengan namanya makanan. Hal ini akan membuat anda tetap fit ketika harus dihadapkan pada medan yang cukup sulit dan serba menantang. Makanan merupakan kebutuhan dasar yang tak boleh terlupakan.

Beberapa makanan yang wajib anda bawa, misalnya roti, minuman sachet, kopi, susu, madu, antangin JRG,beras, sayur, telur, sarden kaleng, nuggiet, minyak, buah-buahan (apel, pir, anggur, salak dll), bumbu dapur, tempe, abon, bihun, mentega, gula jawa, gula pasri garam, kopi, teh, susu, cokelat, kerupuk dll. Semua makanan tersebut, paling tidak sudah ter-packing dengan baik di dalam tas anda.

Handy Talkie (optional)

Perlengkapan Mendaki Gunung

Peralatan yang satu ini wajib ada di dalam list anda. Apabila terjadi sesuatu di atas gunung, maka sinyal seluler takkan mampu menangkapnya. Alhasil, alat komunikasi yang satu ini adalah jalur komunikasi yang satu-satunya yang bisa digunakan. Apalagi bila anda melakukan perjalanan secara berkelompok. Maka, alat ini wajib dipegang oleh seluruh tim.

Anda tidak pernah tahu medan seperti apa yang akan anda hadapi. Oleh sebab itu, mau tak mau ketika masih berada di lokasi yang aman, maka persiapkan segalanya. Tujuannya, agar anda tak merasa kesulitan menghadapi beribu rintangan ketika sedang mendaki gunung.

Tas Gunung/ Carrier (wajib)

Perlengkapan Mendaki Gunung

Namanya seorang pendaki, tak boleh sedikit terlupa membawa perlengkapan yang satu ini. Sebagai wadah anda menyimpan berbagai perlengakapan kebutuhan, tas gunung atau biasa disebut “Tas Carrier” atau “Carrier” takboleh terlupa sama sekali.

Tas gunung, umumnya didesain sedemikian rupa dan sudah disesuaikan dengan ergonomi badan manusia. Alhasil, ketika anda membawa beban yang sangat berat, anda takkan terasa tersiksa membawanya. Selain itu, umunya tas gunung dilengkapi dengan kantong-kantong dan tali-tali yang mengait. Alhasil, beban yang berat pun takkan terasa di pundak anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *