Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi yang tak boleh anda lewatkan. Apabila anda menginginkan permainan air, seperti selancar, atau bahkan berjemur seperti wisatwan asing di Bali, maka lokasi ini wajib anda masukkan ke dalam list destinasi wisata. Bahkan, banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke sana menganggap jikalau Pulau tabuhan merupakan surganya para wisatawan.

Kenapa bisa demikian? Pulau Tabuhan terletak 20 Km dari pusat kota Banyuwangi. Apabila dilihat dari sisi selat Bali, maka lokasinya berada tepat di tengah selat Bali. Lokasinya berada di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Lokasi wisata Pulau Tabuhan memiliki luas 5 hektar.

Awal Mula Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Semula, Pulau Tabuhan bukanlah pulau yang menarik bagi penduduk. Oleh sebab itu, tidak ada satu pun warga yang mau menempati Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan sejatinya memang bukanlah pulau yang berpenghuni. Tepat berada di di wilayah utara Banyuwangi, anda membutuhkan waktu 15 menit untuk menyeberang dari Pantai Bangsring ke lokasi.

Tak hanya lokasinya saja yang super cantik. Di sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan pemandangan pantai berpasir putih bersih. Selain itu, anda pun bisa menikmati gradasi warna laut mulai hijau, biru muda sampai biru tua. Kejernihan dan kelestarian yang masih terjaga pasti bisa memuat anda jatuh cinta kepadanya.

Ada Apa Saja di Pulau Labuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Tak perlu cemas dan bingung ketika sudah sampai di lokasi. Pulau Tabuhan menyediakan berbagai sarana olahraga air seperti snorkling. Ketika memilih aktivitas snorkling, maka anda akan disuguhkan ribuan ikan karang, bunga karang, udang karang, dan beberapa tumbuhan laut lainnya.

Dikarenakan karakternya yang dangkal dan tak terlalu menjorok di tengah laut, Pulau Tabuhan sering disebut sebagai lokasi yang cocok untuk melakukan scuba diving. Apalagi ditambah dengan air yang sangat jernih dan pemandangan kebun laut yang memesona. Bukan hanya pemandangan bawah airnya saja yang menawan. Anda pun bisa menemukan burung Maleo yang biasanya anda temukan di Pulau Sulawesi.

Sisi Lain Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Bila anda ingin mencoba sesuatu yang baru. Maka, anda patut mencoba yang naamanya Kitesurfing. Kitesurfing merupakan olahraga di permukaan air laut. Kitesurfing memadukan selancar dan paralayang. Guna bisa terlaksana, anda membutuhkan angin berkekuatan besar untuk mendorong layang-layang. Selanjutnya, dorongan angin tersebutlah yang akan menggerakkan papan selancar.

Dengan keindahan yang luar biasa ini, tidak heran bila di tahun 2010, pulau yang memiliki luas 5 hektar ini berniat di sewa oleh PT Safari International Resort dari Maladewa. Sempat mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, perusahaan tersebut berencana menyewanya selama 30 tahun dengan besaran nominal Rp 100 miliar. Namun rencana itu batal. Alasannya, Pulau tabuhan hanya boleh di kelola dengan sistem lelang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *