Ranu Kumbolo – Destinasi Unik dan Tak Terlupakan

Apakah kamu termasuk orang yang senang berlibur ketempat yang penuh dengan kedamaian jauh dari keramaian? Jika benar seperti itu, kamu harus merasakan sensasi berada ditempat wisata yang satu ini. Pastinya tempat ini sangat jauh dari kebisingan kota dan yang kamu rasakan hanya ada kedamaian disekitar.

Tempat wisata yang satu ini sudah terkenal akan keindahan alamnya, saatnya kita ber wisata di Ranu Kumbolo. Yup kamu tidak salah lihat, saya mengajak kamu untuk memilih berlibur ke Ranu Kumbolo. Danau yang satu ini memang terletak dilereng dari salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia, Gunung Semeru.

Gunung Semeru ini merupakan salah satu gunung tertinggi yang berada di pulau Jawa. Letak gunung Semeru dengan Ranu Kumbolo ini berada di kabupaten Lumajang Jawa Timur. Dan yang paling terkenal dari gunung ini adalah puncaknya. Dimana orang-orang sering menyebutnya sebagai puncak Mahameru yang mempunyai ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut. Tapi saat ini, kita lupakan sejenak untuk bisa kepuncak Mahameru, karena kita hanya akan berlibur ke Ranu Kumbolo saja. Menjadi sebuah pilihan yang tepat jika kita memilih Ranu Kumbolo sebagai tempat pelarian kita dari bisingnya perkotaan.

Karena kita akan pergi ke daerah pegunungan, maka persiapan yang baik akan membuat liburan kita nyaman dan berkesan. Perlengkapanpun harus dipersiapkan dengan matang. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum memulai perjalanan ini. Apa saja persiapan kita? Mari kita simak berikut ini.

Kejernihan-air-danau-di-Ranu-Kumbolo

Mental dan fisik menjadi hal utama saat kita ingin ke Ranu Kumbolo. Karena kita dipastikan melakukan pendakian. Jadi persiapkan mental untuk bisa menghadapi medan berat selama pendakian dan fisik yang sehat, kalau perlu berolahraga lah terlebih dahulu selama 1-2 minggu sebelum keberangkatan. Hal ini diperlukan agar stamina kita tetap terjaga. Makan makanan yang bergizi juga penting untuk tetap sehat.

Jangan lupakan perbekalan atau logistik. Karena perjalanan akan menempuh waktu yang lama, maka bawalah konsumsi yang lumayan banyak tapi yang bisa mengenyangkan tentunya. Sereal ataupun roti adalah jenis makanan yang bisa cepat membuat kita kenyang dan pastikan jangan lupa untuk membawa air minum yang banyak, karena pendakian akan membuat kita kekurangan air.

Mendaki tapi tidak dibekali dengan peralatan pendakian? Itu sama saja mati konyol. Pendakian ke Ranu Kumbolo sudah dipastikan memerlukan peralatan pendakian yang mumpuni. Apa saja? Pastikan kamu membawa tas carrier dengan kapasitas 60 liter, tenda, alat-alat masak, matras, sleeping bag, jaket yang pasti harus tebal, serta beberapa baju ganti. Pastikan juga membawa peralatan P3K dan senter untuk menjaga jika ada keadaan darurat.

Dan yang terakhir adalah menyiapkan keperluan administrasi. Saat kita akan menaiki gunung Semeru ataupun menuju Ranu Kumbolo, kita diharuskan melapor terlebih dahulu ke pos penjagaan. Di pos penjagaan ini, kita diharuskan menyertakan identitas diri berupa fotokopi KTP (tunjukkan yang asli), surat keterangan sehat dari doktor ataupn puskesmas. Dan siap-siap jika bawaan barang kita diperiksa terlebih dahulu, agar kita tidak membawa hal negatif ke atas gunung nanti.

Setelah kita sudah melakukan banyak persiapan, akan lebih baik jika kita mengetahui jalur yang akan kita lewati saat menuju Ranu Kumbolo ini. Titik awal pemberangkatan kita adalah kota Malang. Jadi jika kita berasal dari kota lain atau pulau lain, kita harus menuju kota Malang terlebi dahulu. Jika kamu melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, kamu bisa mendarat di bandara Juanda Surabaya yang diteruskan dengan berkendara roda empat menuju kota Malang.

Dari kota Malang, kita harus menuju ke Pasar Tumpang. Dan kemudian dilanjutkan kembali langsung menuju Basecamp Ranupari. Dan sesampainya di Ranupari, kita akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di posko. Disinilah kita akan menyerahkan fotokopi KTP, surat keterangan sehat serta daftar barang yang kita bawa. Jika kamu merasa masih baru dan butuh pendamping, disini juga menyediakan pemandu yang akan menemani kita selama perjalanan.

Perjalanan pendakianpun dimulai. Dari Ranupani kita akan melakukan pendakian dengan berjalan kaki sampai dengan Lendengan Dowo dan kemudian melanjutkan kembali menuju Watu Rejeng. Dan kemudian melanjukan kembali sampai dengan Ranu Kumbolo.

Usahakan untuk bisa sampai Basecamp Ranupari pada waktu pagi hari, dengan tujuan : pertama, kamu bisa melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo dipagi hari. Karena kita akan melihat pemandangan indah selama perjalanan pendakian.

Dan tujuan yang ke-2 adalah agar bisa sampai Ranu Kumbolo sebelum gelap. Kita bisa memilih tempat untuk membuka tenda dan punya waktu untuk melakukan hal tersebut sebelum gelap.

Saat kita sudah di Ranu Kumbolo, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Agar air di Ranu Kumbolo selalu bersih terjaga, maka kita dilarang untuk melakukan kegiatan seperti mandi ataupun berenang. Dilarang untuk melakukan BAK ataupun BAB. Bahkan kamu tidak diperbolehkan melakukan pencucian baik baju ataupun alat-alat masak yang kamu bawa. Kemudian jangan sampai kamu menebar benih ikan di danau tersebut, karena bisa jadi akan merusak habitat sebelumnya di Ranu Kumbolo tersebut.

Bahkan pada saat ini masih dipercaya bahwa air dari Ranu Kumbolo merupakan air suci yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk prosesi ritual suci keagamaan. Oleh karena itulah banyak aturan-aturan yang harus kita patuhi selama berkemah dikawasan tersebut. Bahkan untuk semua kegiatan yang kita lakukan, semua harus dilakukan setidaknya 10 meter dari bibir danau tersebut. Walaupun masih ada beberapa pendaki yang masih nakal dalam melanggar aturan-aturan tersebut. Jadi bagi kamu yang memang berencana untuk wisata di Ranu Kumbolo, sangat disarankan untuk mematuhi semuanya agar kawasan Gunung Semeru tetap asri terjaga.

Jadi apa yang bisa kita lakukan di Ranu Kumbolo ini? Tentunya banyak orang ketempat ini bukan tidak ada maksudnya. Ada beberapa yang bisa kita lakukan disini. Apalagi jika kita datang bersama rombongan. Jadi apa saja yang bisa kita lakukan disini?

Pertama, karena kita suka dengan kedamaian dan ingin lari dari kebisingan kota, duduk melihat pemandangan alam di Ranu Kumbolo akan kembali menyegarkan pikiran kita. Hawa dingin akan membuat badan kita kembali segar kembali tentunya. Duduk merenung dipinggir danau akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Kedua, tempat selfie paling keren. Yup jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan foto kamu, minimal kamu membawa handphone android kamu yang berkamera. Banyak sekali spot keren untuk dijadikan latar belakang foto yang kita lakukan.

Ketiga, berkumpul dengan sahabat-sahabat kita sambil mengelilingi api unggun. Kegiatan yang satu ini sudah pasti menyenangkan. Bernyanyi bersama dan ketawa bersama sahabat akan bisa mempererat tali persahabatan kita selama mungkin.

Dan masih banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan di tempat wisata yang indah ini. Rasanya kita enggan untuk pergi dari tempat secantik ini. Ranu Kumbolo biasanya menjadi posko terakhir sebelum kita melanjutkan pendakian kepuncak gunung Semeru, Puncak Mahameru. Para pendaki biasanya membuka tenda untuk memilih bermalam di Ranu Kumbolo dan melanjutkannya pada keesokan harinya. Dan itu juga berlaku pada saat kepulangan dari Puncak Mahameru, mereka dipastikan akan memilih menginap kembali di Ranu Kumbolo.

Itulah sekilas wisata di Ranu Kumbolo. Tempat wisata yang kerem untuk dikunjungi. Keindahan alamnya akan membuat kita terpesona. Bagi yang ingin mendatangi tempat wisata Ranu Kumbolo ini lebih baik mempersiapkannya jauh-jauh hari agar perjalanan liburan kita bisa nyaman dan aman. Selamat berlibur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *