Teknik Mendaki yang Baik

Sebelum anda memutuskan mendaki gunung, maka ada baiknya anda benar-benar memastikan kemampuan diri anda sudah siap untuk melakukannya. Tujuannya, agar ketka menghadapi situasi dan kondisi yang yak menyamankan, anda sudah siap dan tidak malah menjadi beban bagi kawan seperjalanan.

Mungkin, anda sering menemui fenomena yang seperti demikian. Semangat di awal, namun ketika menghadapi kondisi yang tak nyaman dirinya pun menjadi sosok yang lemah gemulai. Alhasil, ini akan merepotkan kawan seperjalanan. Oleh sebab itu, sebelum anda melakukan pendakian, ada baiknya anda mempersiapkan diri. Terutama, anda benar-benar paham betul mengenai teknik mendaki yang baik:

Mantapkan Niat

Teknik Mendaki yang Baik

Niat memang diperlukan. Niat yang sungguh-sungguh tentu akan sangat bermanfaat guna mendorong diri anda secara psikologis. Ketika niat yang anda miliki bersifat positif, tentu semuanya akan berjalan lancar dan tanpa halangan. Sebaliknya, ketika niat buruk sudah ada di kepala anda, maka itu merupakan kode bahaya.

Apalagi bila anda berniat mendaki gunung. Sebenarnya, gunung bukan merupakan lokasi yang biasa dikunjungi. Kita tidak pernah tahu siapa atau apa saja yang menghuni gunung yang akan anda daki. Oleh sebab itu, niat baik dan tak ada keinginan untuk merusak apapun merupakan modal pertama yang harus ada di dalam diri anda sebelum mendaki.

Biasakan Olahraga

Teknik Mendaki yang Baik

Sebelum mendaki gunung, pastikan anda sudah terbiasa berolahraga. Tujuannya, agar kondisi fisik anda terjaga. Ini memiliki pengaruh besar terhadap stamina anda di medan pendakian. Ketika anda kurang berolah raga, maka stamina anda tidak akan tahan dengan kondisi ekstrem yang ada di jalur pendakian.

Sayangnya, pendaki pemula sering kali tidak menghiraukan panduan ini. Alhasil, dirinya akan mengalami letih dan lemas seketika jikalau menemui jlaur yang ektrem dan menguras tenaga. Oleh sebab itu, mau tak mau sebelum anda mendaki gunung, ada baiknya anda mempersiapkan kondisi tubuh dengan berolah raga rutin.

Packingan Keril

Teknik Mendaki yang Baik

Keril alias Carrier atau tas gunung merupakan satu hal yang tak boleh anda lewatkan. Packing memiliki andil yang besar bagi kenyamanan anda ketika mendaki gunung. Ketika anda salah melakukan Packingan keril, maka sepanjang perjalanan anda akan terasa tak nyaman. Bahkan, akan terasa sangat menyiksa.
Apabila anda salah mengaturnya, maka anda akan membawa beban yang tak nyaman. Sehingga, bahu, punggung, pinggang, bakal menjadi korbannya. Padahal, mereka itu merupakan pihak yang berperan mmebuat perjalanan anda terasa ringan.

Ketika anda sudah tepat mengatur keril, maka anda pun tak akan menemui beban bawaan yang menyiksa. Selain itu, ada banyak jenis tas gunung yang anda temui di pasaran. Alhasil, anda pun harus pandai ketika memilihnya. Pastikan anda memilih sesuai dengan jenis kelamin anda. Silahkan anda memilih women series, bila anda seorang wanita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *