Wisata Air Terjun Madakaripura

WiPatung-Gadjah-Mada-di-Madakaripurasata alam Indonesia yang tak ada habisnya menyajikan keindahannya memiliki banyak sekali tempat yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya yaitu wisata yang berada di Probolinggo, yaitu Air Terjun Madakaripura. Wisata madakaripura ini menjadi favorit para wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Bila anda bertandang ke Gunung Bromo sempatkan untuk mampir ke air terjun nan indah ini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Gunung Bromo, sekitar 1 jam perjalanan anda sudah dapat sampai di air terjun madakaripura. Letak air terjun ini masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger -Semeru, lebih tepatnya di Desa Sepih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi kedua yang berada di Indonesia, setelah air terjun sigura gura di Sumatera Utara menjadi air terjun yang tertinggi pertama di Indonesia. Air terjun Madakaripura disebut air terjun abadi karena melihat curah air yang tidak ada habisnya. Konon ceritanya dahulunya daerah kawasan air terjun ini merupakan sebidang tanah yang diberikan Raja Majapahit kepada Patih Gajah Mada. Ditempat ini pula Patih Gajah Mada bersemedi sampai menghilang atau moksa dari muka bumi. Dan terdapat patung Gajah Mada yang menghiasi area air terjun madakaripura ini. Bagi warga suku tengger yang beragama hindhu, air yang berada di air terjun madakaripura disebut sebagai air suci atau Tirta Sewana. Dan dikawasan ini pula sering dijadikan tempat sebagai upacara Mendhak Tirta yang dilakukan setiap tahunnya.

air-terjun-madakaripura

Air terjun ini memiliki ketinggian 200 meter. Keindahannya tak sampai disitu, jika anda berada di Air terjun ini anda akan merasakan sensasi basah kuyup jika sudah berada di sekitar kawasan air terjun. Lokasinya yang berada di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger, membuat pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan. Untuk sampai di Air Terjun ini juga tidak mudah, anda harus melewati jalur yang tidak nyaman. Anda akan menemukan jalan yang berbatu dan gersang dalam perjalanan. Tetapi semua itu terbayar bila anda sudah berjarak 5 meter dari air terjun. Anda akan melihat pelangi yang menghiasi biasan cahaya ke batu dibawahnya. Sesampainya di lokasi air terjun anda akan dibuat seakan akan berada di tabung raksasa dengan tebing tebing hijau yang tinggi. Pemandangan ini tidak akan ada dimanapun juga.

Mitos yang beredar di daerah air terjun madakaripura ini, anda diharuskan sudah meninggalkan kawsan air terjun ini sebelum pukul 14.00. Karena menurut cerita warga sekitar, akan turun hujan deras dan berbahaya di jam tersebut, yang memungkinkan anda sulit untuk pergi dari air terjun tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *