Wisata Coban Pelangi

Coban-Pelangi-Malang-Nuansa-Alam-yang-Sangat-IndahWisata air terjun coban pelangi di kelilingi oleh Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, adalah slah satu wilayah konservasi alam di bawah perlindungan perhutani. Wisata ini terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Puncakusumo, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke wisata ini anda bisa mengikuti pentunjuk arah ke Gunung Bromo dari Malang, dari kota malng sekitar 30 menit ke arah timur dengan kendaraan bisa di tempuh selama 1 jam perjalanan. Berada di kawasana pegunungungan yang terjal dan berliku, dengan kemiringan di atas 45º.

Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki gunung semeru arah ke desa ngadas, dan memiliki ketinggian air terjun kurang lebih 110 m , suhu di kawasan ini mencapai 19-23ºC. Di kelilingi tebing batu kairang yang menjulang tinggi, menjadikan udaranya sangat sejuk di tambah dengan suara percikan air terjun menjadikan suasana nya semakin sejuk. Selain air terjun nya yang eksotik, fenomena lain nya yaitu muncul nya pelangi. Palangi ini terbentuk dari hasil pembiasan cahaya matahari yang berbaur dengan cipratan air terjun. Pelangi muncul sekitar pukul 10.00 sampai siancoban-pelangi1g hari ketika cuaca cerah. Mendekati air terjun anda harus berhati-hati karena harus melewati bebatuan licin,  anda akan melihat keindahan alam yang masih alami yang luar biasa mengagumkan, hutan yang hijau, kicauan burung dan sungai yang jernih marupakan bagian dari air terjun pelangi.

Jalan menuju coban pelangi sudah beraspal dan sedikit menanjak sebelum masuk ke desa gubukkah, jalan semakin mannjak setelah memasuki desa gubukklakah, melewati jalur ini anda harus waspada karena jalan tidak terlalu lebar dengan kondisi jalan mulai berkelok dan semakin menyempit. Panorama alam sepanjang jalan sangan memepesona, hijau daun dan sejuk nya udara menjadi kan perjalan anda sangat menyenangkan. Pintu masuk coban pelangi tidak jauh dari pinggir jalan, memasuki area wisata anda akan melawati jalan setapak berundak menurun terjal. Jarak yang di tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 1km, di beberapa lokasi terdapat tempat untuk beristirahat dan warung-warung makan.

Separuh perjalanan anda akan menemui camping area, tempat ini di khususkanCoban_Pelangi_8 nuk wisatawan yang ingin bermalam di sekitar area coban pelangi. Terdapat fasilitas kama mandi dan wc umum, untuk camping pengunjung di kenakan biaya Rp. 10.000/orang.  Anda juga akan mendapatai pangkalan nunggang jaran (pangkalan kuda), kuda disediakan bagi para pengunjung yang kelelahan melalui trak tanjakan dan merasakan sensai berkuda di coban pelangi.  Setelah melewati camping area anda akan melewati turunan yang cukup curam dan melewati jembaytan bambu untuk menyebrang sungai, jembatan bambu terkenal dengan jembatan cinta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *