Wisata Kuliner di Bromo 2017

nasi aronGunung Bromo adalah salah satu gunung yang menjadi sorotan wisatawan lokal maupun mancanegara, keindahan pesona alam nya membuat daya tarik bagi wisatawan. Gunung yang terkenal dengan keindahan sunrise (Bromo Sunrise) menjadi tujuan utama wisatawan ketika berkunjung ke bromo, namun tidak lengkap rasa nya jika anda berkunjung ke bromo tidak mencicipi kuliner khas gunung bromo (suku tengger).

Selain pesona alam nya yang terkenal, makanan khas suku tengger ini tidak bisa anda dapatkan di tempat lain. Beberapa makanan khas berikut bisa menjadi referensi anda ketika berkunjung ke Bromo.

Nasi Aron adalah makanan khas suku tengger yang berada di lereng gunung bromo, Nasi beraala dari jagung putih downloadyang hanya dapat di temui di bromo. Di bandingkan dengan beras biasa beras aron lebih gurih dan tahan lama jika tau cara penyimpananya, untuk menikmati nasi aron lebih enak dengan pendamping makanan khas lainnya antara lain sayur daun ranti, tahu, campuran kentang dengan tahu, tempe dan ikan laut tak lupa tambahan sambal terasi yang bisa memberikan sensasi pedas ketika anda makan nasi aron.

Selain rasanya yang lezat, nasi aron juga mempunyai banyak manfaat, capuran guri dan pahitnya sayur daun ranti, mamapu menurunkan kolesterol dan mengobati diabetes.

Untuk menemukan penjual nasi aron agak sulit, mayoritas warung-warung kecil menjual nasi pecel, mie goreng dan gorengan. Tapi jangan khawatir makanan khas nasi aron masih bisa anda temui di Desa Seruni, desa di sekitar lereng gunung bromo di kawasan penanjakan 2.

iga bromoTidak kalah dengan makanan khas lainnya, Iga bromo juga menjadi salah satu makanan khas yang di cari oleh wisatawan karena cita rasanya yang enak. Iga bromo atau juga yang di sebut Igah Kawah Bromo dan Iga Pasir ini tidak asing di telinga, untuk dapat mencicipinya anda juga tidak perlu khawatir terdapat sebuah warung yang menyediakan menu makanan iga bromo yang terletak di kakai gunu bromo.

Makanan khas ini terbilang makanan ringan, karena terbuat dari ubi. Nama makanan ini sudsawut bromoah tidak asing lagi di telingan, Namun beda dengan sawut bromo ini bentuk nya sangat unik seperti gunung (kerucut) atau gumpalan-gumpalan kecil.

Beberapa perbedaan terletak pada keindahan bentuk toping yang di tambahkan buah murbei berwarna hitam, mutiara merah dan tak ketinggalan irisan daun pandan.  Sawut kabut bromo merupaka salah satu makanan khas suku tengger, yang hanya di buat ketika ada acara tertentu dan kedatangan tamu dari luar daerah. Jajanan ini dapat di temukan di beberapa pasar tradisional Probolinggo dan tempat oleh-oleh khas di kawasan Gunung Bromo.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *