Wisata Pasir Berbisik

lautan-pasir1Wisata Pasir Berbisik sudah sangat terkenal di masyarakat indonesia maupaun mancanegara. Pasir Berbisik merupakan satu bagian pada saat anda melakukan Wisata ke Bromo. Sebutan Pasir Berbisik sudah ada dan sangat terkenal sejak film Indonesia yang digarap salah satu sutradara kondang Indonesia yaitu Garin Nugroho. Film ini diberi judul Pasir Berbisik dengan berlatarkan Gunung Bromo dan tentunya Lautan Pasir Berbisik. Dan pada saat itu karena film ini pulalah Wisata Pasir Berbisik menjadi buah bibir sampai mancanegara.

Disebut demikian karena pada saat musim kemarau tiba, pasir ini akan memperlihatkan keindahannya. Saat tertiup angin pasir ini akan berdesis dan terlihat kemilau cahaya matahari yang menghiasinya. Pasir Berbisik ini merupaka keunikan tersendiri dari Wisata Bromo. Berupa padang pasir yang luas dengan ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan kondisi merupakan kaldera raksasa yang berdiameter 8-10 km. Jika anda berwisata ke Bromo menjadi keharusan anda harus mampir atau mengunjungi Wisata Pasir Berbisik ini.

Kebanyakan orang bingung membedakan lautan pasir dengan pasir berbisik. Keduanya merupakan salah satu destinasi wajib bila anda berkunjung ke Bromo. Perbedaan dari lautan pasir dengan pasir berbisik yaitu dari tekstur pasirnya. Lautan pasir lebih kearah kasar. tetapi pasir berbisik akan lebih lembut dan bila terkena angin akan sangat indah bila berterbangan. Rute bila anda akan mengunjungi Bromo yaitu Penanjakan 1 – Lautan Pasir – Kawah Gunung Bromo – Pasir Berbisik – Padang Savana. Dari letaknya pun pasir berbisik dengan lautan pasir sangat mirip, tetapi pasir berbisik akan terlihat jika anda akan berjalan jauh dari gunung bromo. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan kerlap-kerlip bias cahaya matahari yang menuju ke pasir seperti berlian. Keadaan alam didukung dengan hawa yang sejuk pagi hari dengan kondisi lokasi yang sepi dan hanya terdengar suara pasir yang terbawa angin.

lautan-pasir-bromo-4Sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir pegunungan yang dihiasi pemandangan bukit yang ada diarea Taman Nasional Bromo Tengger. Dan terdapat juga bebatuan dan karang yang membentuk indah sepanjang kawasan Pasir Berbisik ini. Sempatkan diri anda untuk mampir ke batu karang yang sering   dijadikan spot pemotretan dengan berkatar belakang pasir berbisik dan juga bukit. Batu karang ini mirip dengan kepala burung garuda. Bagi anda yang gemar dengan Photography anda harus mencoba destinasi Wisata Pasir Berbisik ini karena sangat ini dan asli Indonesia. Tidak lengkap rasanya melakukan Wisata Bromo tetapi tidak menikmati keindahan pasir berbisik yang sangat melegenda ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *