Wisata Taman Nasioanal Bromo Tengger Semeru

Tam8ca65c08-4ec6-4cba-94ab-20eb33d4ec2dan Nasional yang satu ini merupakan kawasan wisata yang berada di Jawa Timur. Letaknya terbentang di Kabupaten Pasuruan, Kabupetan Malang, Kabupaten Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Luas taman nasional ini sekitar 800 km persegi dan telah ditetapkan sejak tahun 1982. Taman Nasional ini merupakan kawasan gunung berapi yang terbesar di Jawa Timur.

Dahulunya sebelum ditetapkan sebagai Taman Nasional ini atau yang biasa disebut daerah tengger merupakan kawasan hutan yang mempunyai fungsi sebagai cagar alam dan taman wisata. Dan juga menjadi hutan lindung dan hutan yang sangat dijaga keberadaannya.

Terdapat beberapa gunung yang berada di dalam taman nasional ini yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Widadaren.

Banyak sekali yang menarik dari taman nasional ini. Salah satunya yaitu flora dan faunanya. Terdapat banyak sekali flora fauna langka yang hanya terdapat di tempat ini. Salah satu fauna yang terdapat di taman nasional ini yaitu luwak, kera ekor panjang, ajag, burung alap-alap, rangkong, belibis, srigunting hitam dan masih banyak lagi. Fauna yang terdapat di taman nasional ini sangat dilindungi kelestariannya.

Bukan hanya fauna saja disini juga terdapat banyak tanaman yang indah, salah satunya yang terkenal yaitu bunga abadi atau biasa disebut bunga eidelweis. Dan juga terdapat tanaman khas pegunungan seperti cemara gunung, anggrek gunung, jamuju, dan rumput yang langka yang hanya ada di taman nasional ini.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan taman nasional salah satu taman nasional unik yang dimiliki Indonesia. Merupakan satu satunya kawasan konversi berupa lautan pasir yang memiliki luas sekitar 5.250 hektar dan memili ketinggian 2.100 meter diatas permukaan laut. Taman nasional ini sudah terkenalimg_04761 sampai ke taraf International.

Wisata alam yang terdapat di taman nasional ini antara lain Wisata Gunung Bromo, Wisata Gunung Penanjakan, Lautan Pasir, Savana, Pasir berbisik, Gunung Semeru, Air Terjun Madakaripura, Danau Ranu Kumbolo, Danau Ranu Regulo, dan Ranu Pane. Anda dapat melakukan banyak kegiatan jika berada di Taman Nasional ini.

Anda dapat berburu matahari terbit yang indah di Gunung Pananajakan, mendaki sampai kepuncak mahameru dan juga dapat mengunjungi bukit savana yang orang biasa kenal dengan sebutan bukit teletubies.

Bukit ini merupakan wisata wajib jika anda bertandang ke taman nasional ini atau lebih tepatnya gunung bromo. Berupa padang savana yang membentuk bukit hijau seperti halnya yang terlihat di film anak anak dahulu yaitu teletubis.

Akses untuk menuju ke Taman Nasional ini pun begitu mudah untuk dilalui. Banyak sekali titik yang menghubungkan jalan menuju kesini. Terdapat empat akses untuk menuju ke taman nasional ini yaitu melalui malang, pasuruan, tongas, probolinggo dan lumajang. Jalan yang di lewati pun beragam, dari yang berbatu sampai beraspal pun ada. Berikut peta untuk menuju ke Taman Nasional Bromo Tengger :

peta-wisata-taman-nasional-bromo-tengger-semeru

Bagi anda yang ingin menuju ke Taman Nasional Bromo Tengger dan tidak mau repot menyiapakan segala sesuatu mengenai jadwal perjalanan anda, kami sarankan untuk menggunakan jasa travel agent yang terpercaya. Selain lebih murah dan juga anda tidak perlu kuatir untuk keselamatan dan kenyamanan anda tentunya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *